Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Minimal

  1. Aspek sikap dan tata nilai bagi lulusan program studi Ilmu Perpustakaan adalah:
    • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
    • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
    • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
    • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila;
    • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
    • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
    • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  2. Aspek keterampilan kerja umum lulusan program studi Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara mampu:
    • Menerapkan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang perpustakaan dan informasi melalui penalaran ilmiah berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif;
    • Mengkaji pengetahuan dan atau teknologi di bidang perpustakaan dan informasi berdasarkan kaidah keilmuan, atau menghasilkan karya desain/seni beserta deskripsinya berdasarkan kaidah atau metoda rancangan baku, yang disusun dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir;
    • Mempublikasikan hasil tugas akhir atau karya desain/ seni, yang memenuhi syarat tata tulis ilmiah, dan dapat diakses oleh masyarakat akademik;
    • Menyusun dan mengkomunikasikan ide dan informasi bidang perpustakaan dan informasi secara efektif, melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat akademik;
    • Mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prinsip-prinsip manajemen dan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya dengan atau tanpa menggunakan sarana teknologi informasi;
    • Mengelola pembelajaran mandiri;
    • Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  3. Aspek penguasaan pengetahuan/ keilmuan
    • Memahami teori dan keterampilan dalam bidang pengorganisasian informasi sehingga mampu melakukan penataan dan pengorganisasian bahan perpustakaan pada Perpustakaan, Dokumentasi dan Informasi dan bidang kearsipan;
    • Memahami teori dan keterampilan dalam bidang pengkatalogan, klasifikasi, pengindeksan, pengabstrakan dan thesaurus sehingga mampu melakukan pekerjaan teknis pada Perpustakaan, Dokumentasi dan Informasi berkaitan dengan pengolahan bahan perpustakaan;
    • Memahami teori dan keterampilan dalam hal temu-balik informasi sehingga mampu membangun berbagai fasilitas penelusuran, seperti katalog, indeks, abstrak baik tercetak maupun elektronik;
    • Memahami teori dan keterampilan tentang preservasi dan konservasi bahan perpustakaan sehingga mampu melakukan kegiatan pemeliharaan terhadap berbagai jenis bahan perpustakaan;
    • Memahami prinsip dan konsep dasar automasi sehingga mampu membuat desain dan perancangan sistem kerumahtanggaan untuk perpustakaan, dokumentasi dan informasi dan bidang kearsipan.
  4. Aspek keterampilan kerja khusus lulusan program studi Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara memiliki:
  • Ketrampilan Intelektual (Intelectual Skill)
    • Mampu menyusun program pengembangan perpustakaan, dokumentasi dan informasi dan bidang kearsipan tertentu mencakup rencana strategis dan program kerja tahunan
    • Mampu merumuskan kebijakan pengembangan koleksi berdasarkan identifikasi kebutuhan sesuai dengan jenis dan kondisi perpustakaan
    • Mampu menulis gagasan, pokok pikiran dan hasil penelitiannya di bidang ilmu perpustakaan dan informasi, serta bidang lain yang berhubungan.
  • Ketrampilan Praktis (Practical Skill)
    • Mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pengelolaan automasi Perpustakaan, Dokumentasi dan Informasi dan arsip
    • Mampu melakukan identifikasi kebutuhan bahan perpustakaan untuk jenis dan kondisi perpustakaan, dokumentasi dan informasi tertentu
    • Mampu merumuskan uraian tugas, kewenangan dan tanggungjawab semua unsur yang tersedia dalam organisasi Perpustakaan, Dokumentasi dan Informasi tertentu.
    • Mampu melakukan penilaian tentang daya guna dan hasil guna koleksi perpustakaan dengan cara ilmiah
    • Mampu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam melaksanakan tugas kepustakawanan dan memiliki pengetahuan dan keterampilan bahasa untuk mengenal, dan mencari berbagai sumber informasi¬† khusunya berbahasa Inggris.
  • Ketrampilan Managerial dan Sikap (Managerial Skill and Attitude)
    • Mampu bertindak sebagai manajer untuk mengelola Perpustakaan, Dokumentasi dan Informasi dan bidang kearsipan dengan konsep manajemen modern.
    • Menjunjung tinggi kode etik profesi kepustakawanan
    • Mampu memanfaatkan kerjasama dan jaringan untuk pelayanan informasi.
    • Memiliki jiwa kewirausahaan dalam bidang pengelolaan dan pelayanan informasi.
    • Mampu berkomunikasi secara efektif.