Sistem Akademik (SIAKAD)

Tata kelola administrasi mahasiswa di jurusan Ilmu Pepustakaan Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara Medan berbasis IT. Sistem yang disebut sebagai Sistem Akadmeik (SIAKAD) tersebut meliputi berbagai fitur, baik untuk mahasiswa, administrasi UIN maupun administrasi jurusan. 

Adapun fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa secara mandiri adalah sebagai berikut:

  1. Memasukkan biodata diri dan orang tua
  2. Memilih matakuliah yang akan diikuti pada semester yang akan datang (KRS) dan mencetakrencana studi tersebut
  3.  Melihat dan mencetak nilai perkuliahan pada akhir semester sebagai Hasil Studi (KHS)
  4. Melihat jadwal perkuliahan
  5. Melihat pengaturan ruang perkuliahan
  6. Melihat Dosen Penasehat Akademik untuk berkonsultasi pada dosen yang telah ditentukan oleh jurusan tersebut.
  7.  Melihat transkrip nilai 
  8. Pengajuan Wisuda
  9. Pengajuan Tugas Akhir
  10. Pengajuan cuti kuliah, dan lain-lain.

Untuk mengoperasikan aplikasi Siakad mahasiswa dapat mengakses melalui situs: http://portalsia.uinsu.ac.id 

Petunjuk untuk menggunakan Sistem Akadmeik tersebut dapat diunduh dengan mengklik tautan Portal Akademik. .

Adapun alur kerja atau Standar Operating Prosedure (SOP) dalam tata kelola administrasi akademik tersebut adalah sebagaimana dibawah ini: