17 Agustus 2020 00:21 wib
  • akademik,kurikulum,pendidikan,teknologi

“Tak mudah juga tak sulit, bisa ala biasa”. Kalimat itu dapat menjadi perwakilan dalam memahami makna menulis, menulis karya popular maupun ilmiah. Dalam penulisan karya ilmiah yang sewajarnya menjadi keharusan bagi sivitas akademik, mahasiswa. Karya ilmiah merupakan hasil dari pemikirian yang bersifat sistematis, deskriptif, informatif, analitis-kritis, logis, empiris dan dapat dipertanggungjawabkan. Dalam mencapai definisi tersebut, tak jarang mahasiswa kesulitan untuk menghasilkan karya ilmiah. Pembuatan makalah sebagai tugas perkuliahan menjadi ajang Latihan bagi mahasiswa untuk menghasilkan karya ilmiah, katakan saja menulis butuh Trial and Error. Untuk membantu mahasiswa memahami makna dan cara menulis yang tepat Tim Pusat Studi Literasi Informasi Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara melaksanakan kegiatan pelatihan “Klinik Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa” yang diselenggarakan pada hari Senin dan Rabu tanggal 10 dan 12 Agustus 2020.

Pelatihan ini diikuti oleh 110 peserta yang terdaftar secara online melalui Google Form, terdiri dari mahasiswa dan pustakawan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan sambutan oleh Ketua Pusat Studi Literasi Informasi Bapak Abdi Mubarak Syam M.Hum. Kemudian acara dibuka secara resmi oleh Ketua Program Studi Ilmu Perpustakaan UINSU Ibu Dra. Retno Sayekti, M.LIS.  Klinik Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa dilaksanakan dalam 2 tahap, dimulai pada pukul 09.00 s.d. 12.00 WIB. Tahap pertama kegiatan diisi oleh 3 narasumber yaitu: 1) Moh. Safii, S. Kom, M. Hum (Ide Menulis Karya Ilmiah); 2) Rina Devianty, M.Pd (Kaidah Bahasa Menulis Karya Ilmiah); 3) Riski Syaputra, M.Sos (Metode Penelitian Kuantitatif). Tahap kedua kegiatan diisi oleh 3 narasumber yaitu: 1) Dr. Abdul Karim Batubara, M.A (Metode Penelitian Kualitatif); 2) Franindya Purwaningtyas, M.A (Teknik Menulis Sitasi); 3) Abdi Mubarak Syam, M.Hum (Strategi Submit Artikel Jurnal). Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting FIS UINSU dan melalui Live Streaming Youtube.

Antusias peserta terlihat dari keikutsertaan secara aktif dalam kegiatan pelatihan Klinik Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. Kegiatan pelatihan bertujuan meningkatkan keinginan dan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa sehingga dapat lebih produktif menghasilkan karya ilmiah. Sebagai tindak lanjut, Pusat Studi Literasi Informasi Program Studi Ilmu Perpustakaan bersedia untuk membantu dan membimbing mahasiswa dalam menulis dan menerbitkan tulisan ke Jurnal Ilmiah dan Majalah Ilmiah Populer.

Silahkan menyaksikan..

 

Klinik Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Tahap I 

Pusat Studi Literasi Informasi Prodi Ilmu Perpustakaan FIS UINSU Medan

 

Klinik Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Tahap II

Pusat Studi Literasi Informasi Prodi Ilmu Perpustakaan FIS UINSU Medan