01 Juli 2020 14:36 wib

Medan, 30 Juni 2020 

Dalam rangka mengemban amanat Tri Dharma Perguruan Tinggi, program studi Ilmu Perpustakaan menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dengan memfasilitasi sharing informasi dan pengetahuan mengenai strategi penyusunan angka kredit pustakawan untuk meningkatkan kualitas profesionalisme. 

Kegiatan ini diikuti oleh 714 orang pendaftar yang tersebar di seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua dimana 84,9% pustakawan, 5,9% mahasiswa, 5,5% umum dan 3,4% dosen. 

Dibuka oleh Ketua Program Studi Ilmu Perpustakaan, Dra. Retno Sayekti, MLIS., kegiatan webinar ini dimulai tepat pukul 09.00 wib dan berlangsung hingga pukul 11.30 wib. Dalam kata sambutannya Retno mengatakan bahwa kegiatan webinar kali ini merupakan pelaksanaan salah satu dari 3 pilar perguruan tinggi, yaitu Pengabdian kepada Masyarakat. Dalam kondisi normal, kegiatan seperti ini dilaksanakan secara tatap muka dengan mengundang narasumber dan peserta. Namun akibat pandemi COVID-19 yang belum tuntas, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan secara daring (online). Namun dalam banyak hal kondisi yang tak menguntungkan ini membawa keberkahan dimana efektifitas dan efisiensi terkait anggaran dapat ditekan dan sementara kegiatan dapat dimaksimalkan dan ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya. 

Adapun narasumber dalam kegiatan ini adalah para pakar dari Perpustakaan Nasional RI, Bapak Agus Rifai, Ph.D., sebagai asesor nasional untuk akreditasi perpustakaan dan pustakawan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; dan ibu Dra. Adriati Zen, M.Hum. Pustakawan Ahli Utama, tim penilai pustakawan Perpustakaan Nasional RI. Kegiatan ini dipandu oleh Abdi Mubarak Syam, M.Hum., dosen Ilmu perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial, UIN Sumatera Utara Medan. Dalam presnetasinya, Agus Rifai, Ph.D menyajikan materi tentang How to transform the routine jobs into scientific papers, sedangkan Adriati Zen, M.Hum., menyajikan materi tentang Strategi Penyusunan Angka Kredit Pustakawan.  Dalam paparannya bu Adriati juga memberikan template PAK untuk pustakawan dalam bentuk file Excel Latihan DUPAK.     

Untuk menjaring informasi dari peserta, pada akhir sesi Webinar, peserta diminta untuk mengisi survey yang telah disiapkan oleh panitia. Hasil survey menunjukkan bahwa peserta merasa puas dengan kegiatan webinar ini (93%). Relevansi materi webinar dengan perkembangan terkini cukup tinggi (95%) dan penguasaan narasumber terhadap materi juga sangat baik (97%).  Beberapa masukan dari para peserta berharap diadakan webinar terkait teknis penyusunan DUPAK, dan disarankan untuk tema yg lebih teknis agar pemateri cukup satu orang. 

Tingginya antusias pustakawan dalam mengikuti webinar ini mengindikasikan tingginya minat pustakawan untuk meningkatkan kualitas profesionalisme mereka dalam memenuhi tuntutan perkembangan terkini terkait profesi pustakawan.