24 Juni 2020 08:23 wib

Medan, Kamis 4 Juni 2020 

Program Studi Ilmu Perpustakaan melaksanakan webinar yang ke 3 dengan tema Digital Divide: Peran Literasi Informasi dalam Era Big Data. Webinar ini diikuti oleh 202 peserta yang terdaftar secara online melalui Google form yang terdiri dari dosen, mahasiswa, pustakawan dan umum. Kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan sarjana Ilmu Perpustakaan wilayah Sumatera yang sekaligus menjadi narasumber, yaitu:

  1. Ruslan, MLIS., Dosen Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  2. Dra. Retno Sayekti, MLIS., Ketua Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara Medan    
  3. Dr. Herlina, S.Ag., SS., M.Hum., Dosen Ilmu Perpustakaan UIN Raden Fattah Palembang
  4. Dr. Suriani, M.Si., Pustakawan Ahli Madya UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Masing-masing narasumber tersebut membawakan topik sebagai berikut:

  1. Literasi Informasi di Era Post-Truth
  2. Meningkatkan Keterampilan Literasi Informasi di Era Big Data
  3. Literasi Analisis Bibliometrik dan Webometrik
  4. Strategi Komunikasi Layanan Perpustakaan.

Kegiatan ini dimulai pukul 9.00 dan berakhir pukul 12.00 siang. Webinar ini diakhiri dengan survey umpan balik dari peserta melalui Google Form Feedback dan pengiriman E-sertifikat secara otomatis ke email masing-masing peserta webinar.

Dari hasil survey dapat disimpulkan bahwa 80 % peserta merasa puas dnegan kegiatan webinar ini; dimana menurut mereka materi yang disampaikan menarik (83%), relevan dnegan perkembangan terkini (76%), dan narasumber menguasai materi (84%). Namun demikian beberapa masukan dari peserta yang paling utama adalah agar kedepannya kendala-kendala teknis terkait pemanfaatan Zoom sebagai aplikasi meeting seyogyanya lebih diantisipasi dan dapat dihindari sehingga tidak terjadi pemutusan saat meeting sedang berlangsung. 

Selain menggunakan aplikasi Zoom yang hanya terbatas pada 100 orang, webinar ini juga melakukan live streaming di Youtube, sehingga peserta yang tidak dapat masuk pada Zoom masih dapat mengikuti webinar melalui Youtube. Dibawah ini adalah rekaman live streaming di Youtube.