23 Mei 2020 20:33 wib

Pada tanggal 22 Mei 2020 Program Studi Ilmu Perpustakaan melaksanakan Webinar dengan tema "Eksistensi Perpustakaan dalam Gaya Hidup Masyarakat Modern"

Proses pendaftaran peserta webinar dilakukan dengan menggunakan Google Form. Dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting kegiatan webinar ini dihadiri oleh 91 dari 143 pendaftar sebagai peserta dari berbagai wilayah di Indonesia; mulai dari Aceh, Padang, Jakarta, Madura hingga Wakatobi, Pinrang, Pontianak, Pangkal Pinang, Manado, Bangka Belitung, dan lain-lain. Antusiasme para peserta sangat tinggi sehingga waktu 2 jam 45 menit jumlah peserta yang mengikuti jalannya webinar masih tetap konstan hingga kegiatan tuntas. Acara ini juga diikuti oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI serta beberapa pakar di bidang Ilmu Perpustakaan baik dari UI maupun UGM dan USU. Peserta terdiri dari: Pustakawan 40.8%; Dosen 17%; mahasiswa 38%; dan selebihnya Umum.

Kegiatan webinar ini diakhiri dengan survey kepuasan peserta terhadap rangkaian acara webinar untuk menjadi masukan dan perbaikan bagi penyelenggara untuk masa yang akan datang. Dari hasil survey disimpulkan bahwa secara umum peserta puas (98%) dengan kegiatan ini; materi yang disajikan menarik (90%) dan relevan dengan keadaan terkini (96%). 

E-sertifikat disediakan gratis untuk peserta setelah mengisi survey tersebut. 

Adapun narasumber dan topik yang dibahas dalam webinar ini adalah:

1. Dr. Abdul Karim Batubara, MA. (Dosen Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara Medan):  Perpustakaan dan perubahan sosial

2. Franindya Purwaningtyas, MA.  (Dosen Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara Medan): Perpustakaan sebagai gaya hidup

3. Abdi Mubarak Syam, M.Hum. (Dosen Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara Medan): Reader's advisory work: modernisasi kompetensi pustakawan.

4. Fransiska Timoria Samosir, M.A (Dosen Universitas Bengkulu): Eksistensi Perpustakaan pada Gaya Masyarakat Modern

5. Muhammad Syafii Nasution, S.Sos (Pustakawan Ahli Pertama Kementerian Pertanian RI BBPKH): Mapping knowledge

6.  Widiatmoko Adi Putranto (Dosen Program Studi Kearsipan, Universitas Gadjah Mada)

Diskusi dipandu oleh Muslih Faturrahman, MA. 

Rekaman video dari kegiatan webinar ini dapat dilihat pada Youtube Channel berikut: https://youtu.be/tyAWxrT7mck

 

  <