24 April 2020 14:41 wib

Sejak wabah Corona Virus 2019 (COVID-19) meluas, dengan jumlah korban yang semakin meningkat setiap harinya, pemerintah memberlakukan Social Distancing. Akibatnya, beberapa tempat umum yang dikhawatirkan akan mempercepat meluasnya penularan virus ditutup untuk jangka waktu yang cukup lama termasuk sekolah dan perguruan tinggi; UIN Sumatera Utara tak terkecuali.

Untuk melanjutkan tugas-tugas layanan pembelajaran dan kegiatan belajar mengajar selanjutnya dilaksanakan secara daring (online). Untuk itu UIN Sumatera Utara membentuk tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penyebaran COVID-19 dengan SK Rektor nomor 111 tahun 2020 yang terdiri dari beberapa bidang kerja yaitu bidang pencegahan, bidang penanggulangan bencana dan bidang pembelajaran atau tim e-learning.

Sebagai tindak lanjut dikeluarkan Surat Edaran Rektor UIN Sumatera Utara Nomor 06 Tahun 2020 proses pembejaran dilakukan di Rumah masing-masing dengan menggunakan media e-learning, media social seperti Whatsapp, Zoom, atau video conference lainnya.

Sebagai realisasi dari kebijakan tersebut, program studi Ilmu Perpustakaan melaksanakan proses pembelajaran secara daring sejak tanggal 16 Maret hingga Juli 2020.

Aplikasi utama yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah website E-learning UINSU berbasis Moodle sebagaimana direkomendasikan dalam kebijakan Rektor UIN Sumatera Utara. Aplikasi lain yang digunakan sebagai pelengkap proses pembelajaran adalah Whatsapp, Zoom, Vcon, Google Classroom.

Berikut ini adalah beberapa sampel pelaksanaan pembelajaran tersebut:

  1. E-learning (http://elearning.uinsu.ac.id)

2. Media Whatsapp (http://web.whatsapp.com)  

3. Zoom meeting (http://zoom.us)

4. Aplikasi Vcon (video conference) UIN Sumatera Utara dengan alamat: http://vcon.uinsu.ac.id