12 Agustus 2019 10:10 wib

Dalam rangka mewujudkan salah satu mandat Tri Dharma Perguruan Tinggi dan untuk mengembangkan kerjasama, program studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara Medan Ikut mengirimkan delegasinya pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Tematik Serumpun Melayu Se-Sumatera, Malaysia dan Brunei Darussalam. Pada Kegiatan ini, Program studi Ilmu Perpustakaan berhasil mengirimkan satu peserta dari 5 peserta yang mewakili Universitas Islam Negeri Sumatera Utara pada kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1 juli hingga 31 Juli 2019 di Muaro Bungo , Jambi. Pada kesempatan ini Muhammad Ridwan Selaku Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan UINSU Semester VI yang menjadi peserta KKN PPM Serumpun Melayu, mendapat penempatan di Desa Suka Makmur, Kec. Bathin II Babeko Kab. Bungo, Jambi. Desa suka Makmur Sendiri terbagi atas 2 kampung yaitu Kampung kelompok tani dan Kampung Sungai tubu. Dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kemampuan berliterasi masyarakat desa suka makmur, khususnya pada stakeholder Sekolah Dasar 124/II Tanjung Menanti.

Ridwan selaku Mahasiswa Ilmu Perpustakaan beserta dengan kelompok KKNnya yang terdiri dari beberapa mahasiswa PTKIN Se-sumatera berinisiatif melakukan kegiatan berupa “ Sosialiasi Minat Baca sekaligus peresmian Pojok Literasi Perpustakaan” dengan tema “Meningkatkan minat baca siswa dengan Perpustakaan Sekolah sebagai Pusatnya”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 s.d 25 Juli  2019 di Perpustakaan Sekolah Dasar 124/II Tanjung Menanti Dusun Suka Makmur Kec. Bathin II Babeko Kab. Bungo. Jambi. Sejalan dengan tema yang diangkat, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berliterasi siswa dengan menarik minat baca siswa yang terbilang cukup rendah akibat beberapa faktor eksternal seperti Game dan membantu orang tua di kebun. Melalui kegiatan ini diharapkan pada siswa dan anak anak dusun suka makmur khususnya dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi yang dimilikinya. Selain itu dengan adanya pojok literasi di perpustakaan sekolah dasar 124/II Tanjung Menanti diharapkan bisa menjadi sarana awal menarik minat siswa agar keperpustakaan dan menjadi pusat perkembangan literasi di sekolah tersebut.

(Sosialisasi peningkatan minat baca di sekolah)

(Peresmian Pojok Literasi Perpustakaan Sekolah)

(Semarak membaca di pojok literasi sekolah)

(Foto bersama peserta KKN PPM Serumpun Melayu 2019)