12 Agustus 2019 09:56 wib
  • pendidikan

Kegiatan dosen tamu Dosen Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara Medan  dilaksanakan pada hari Senin 05 Agustus 2019 di Program Studi D3 Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhamadiyah Mataram. Kegiatan ini  diketuai oleh kaprodi D3 Ilmu Perpustakaan Universitas Muhamadiyah Mataram bapak Iwin Ardyawin, S.Sos, M.A . Kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan dan peningkatan mutu dosen ilmu perpustakaan FIS UINSU Medan, meningkatkan kerja sama dengan kampus lain, serta meningkatkan mutu lulusan mahasiswa Ilmu Perpustakaan UMM.

Mengingat pentingnya serta banyaknya manfaat yang dapat diperoleh bagi dosen serta, mahasiswa serta program studi D3  Ilmu Perpustakaan Universitas Muhamadiyah Mataram dari kegiatan dosen tamu, maka prodi Ilmu Perpustakaan Universitas Muhamadiyah Mataram  menganggap perlu untuk melakukan kegiatan dosen tamu secara berkesinambungan

Kegiatan dosen tamu dilaksanakan dalam bentuk Kuliah Umum. Adapun tema kuliah umum tersebut adalah “ Terampil Menggunakan Media Sosial di Era Revolusi Industri 4.0. Kegiatan  kuliah umum tersebut di hadiri oleh ketua  Prodi D3 Ilmu Perpustakaan  FISIPOL Universitas  Muhamadiyah Mataram beserta dosen-dosen dan mahasiswa-mahasiswa sebagai peserta kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Dekan II Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Bapak Dr. Muhammad Ali, M.A, beserta dosen-dosen ilmu perpustakaan lainnya. Dalam sambutannya beliau mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi prodi dan khususnya bagi mahasiswa dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang industri 4.0  dalam penggunaan media sosial.

Acara yang bertema Terampil Menggunakan Media Sosial di Era Revolusi Industri 4.0.” diisi oleh 2 pemateri dosen prodi Perpustakaan FIS UINSU Medan yaitu Abdul Karim Batubara, M.A dan Rina Devianty, S.S, M.Pd, menyampaikan tentang hoax, pentingnya keahlian literasi digital bagi pustakawan. Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat memiliki dampak yang luar biasa terhadap sisi kehidupan umat manusia, tak terkecuali perpustakaan. Peran pustakawan yang dulu hanyalah sebagai seorang “book keeper” sekarang harus bertransformasi menjadi seorang “knowledge worker.” Artinya pustakawan tidak hanya berperan menjaga dan merawat buku semata tetapi lebih dari itu pustakawan harus menjadi pekerja pengetahuan yang mampu mengarahkan pemustakanya kearah pengetahuan dan informasi yang benar. Pustakawan tidak hanya melayankan informasi di perpustakaan, tetapi juga diluar dari lingkungan perpustakaan melalui layanan referensi digital.

Kegiatan dilakukan penandatangan kerjasama antara Prodi D3 Ilmu Perpustakaan FISIPOL Universitas Muhamadiyah Mataram dengan Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial UINSU Medan. Tujuan kerjasama untuk mempererat dan memperkokoh tali silaturahim dan hubungan kerjasama antar kedua pihak; meningkatkan kualitas SDM yang baik serta meningkatkan kualitas kedua lulusan kedua belah pihak.