27 Juli 2019 21:22 wib

Diski, 27 Juli 2019

Dalam rangka mewujudkan salah satu mandat Tri Dharma Perguruan Tinggi dan untuk mengembangkan kerjasama, program studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara Medan melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 27 Juli 2019 di Sei Mencirim, Medan, Jalan Jati IV. Pada kesempatan ini kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Mutiara Aulia dengan melatih para guru pengelola perpustakaan dari 15 sekolah yang merupakan binaan Dr. H. Mardianto, M.Pd. selaku ketua Yayasan tersebut. Turut serta dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini Abdul Karim Batubara, MA., selaku Sekretaris Program Studi Ilmu Peprustakaan, Abdi Mubarak Syam, M.Hum., Muslih Faturrahman, MA., Yusniah, MA., dosen tetap pada program studi Ilmu Peprustakaan UINSU. Sebagai pembawa acara kegiatan adalah Khoirun Nadiah, mahasiswa prodi Ilmu Peprustakaan. 

Sebelum pelaksanaan pelatihan, acara diawali dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MOU) atau perjanjian kerjasama antara program studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara Medan dengan Yayasan Pendidikan Mutiara Aulia dan BKM3, yang diwakili oleh Drs. Armiyanto. 

MOU dengan Yayasan Pendidikan Mutiara Aulia

Penandatanganan MOU dengan BKM 3

 

Setelah penandatanganan MOU selesai, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Pengelolaan Perpustakaan oleh narasumber Eka Evriza, M.Kom., dosen tetap pada Universitas Terbuka Medan dan dosen tidak tetap prodi Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara.
Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang peserta pengelola perpustakaan sekolah. Dalam kegiatan tersebut peserta tampak antusias dengan mengajukan berbagai pertanyaan yang terkait permasalahan-permasalahan yang mereka hadapi dalam pengelolaan perpustakaan sekolah sehari-hari. Para peserta tertarik mempertanyakan "best practice"  mengelola koleksi perpustakaan yang baik dan menarik sekaligus melaksanakan program-program kegiatan peningkatan minat baca siswa-siswa sekolah.

Narasumber pelatihan Eka Evriza, M.Kom.

Peserta pelatihan 

Poto bersama pada sesi penutupan kegiatan Pembinaan Perpustakaan Sekolah