21 Februari 2019 09:05 wib

Dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta sebagai wadah sosialisasi keberadaan program studi Ilmu Perpustakaan kepada masyarakat, Mahasiswa  Prodi Ilmu Perpustakaan UINSU melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Perpustakaan Yayasan Universitas Labuhan Batu, Rantau Prapat. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 21 Januari sampai tanggal 14 Februari 2019. Mahasiswa yang melakukan kegiatan pengabdian masryarakat terdiri dari Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan semester VII dan VI berjumlah 17 orang.

Adapun bentuk kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut adalah mengelola perpustakaan yang dilaksanakan langsung di Perpustakaan Yayasan, antara lain membantu  klasifikasi dan katalogisasi buku, membuat label dan barcode buku, menginput data buku ke dalam SLIMS yang sudah terinstal di komputer perpustakaan dan shelving buku.

Dengan keterbatasan yang dimiliki oleh perpustakaan, Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan dapat mengimplemtasikan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan manajemen perpustakaan serta menambah pengalaman mahasiswa dalam kegiatan pelayanan dan pengelolaan perpustakaan. Disela kegiatan perpustakaan, Maya salah seorang Mahasiswa mengatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini sangat bermanfaat bagi mereka sebagai menambah khazanah  dan pengalaman di bidang Ilmu Perpustakaan dan Literasi.