09 Desember 2018 09:05 wib

Medan

Pada tanggal 27-29 November 2018 Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan bekerja sama dengan prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara melakukan kegiatan Library Festival Universitas Islam Negeri Sumatera utara Medan dimana Ibu Franindya Purwaningtyas M.A, selaku ketua panitia yang juga merupakan Dosen Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial yang juga mengikutsertakan mahasiswa/mahasiswi prodi Ilmu Perpustakaan baik dari semester satu hingga semester tujuh berkolaborasi dengan seluruh staf pustakawan yang ada diperpustakaan.

Kegiatan Library Festival ini merupakan salah satu program layanan outreach perpustakaan yang didalamnya terdiri dari kegiatan-kegiatan akademik serta perlombaan-perlombaan yang diadakan untuk menggali serta mengapresiasi bakat-bakat yang dimiliki oleh mahasiswa/mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan seperti lomba pembuatan Doodle Art, Foto graphy, karya tulis ilmiah, Kreasi perpustakaan, pop song, film pendek perpustakaan dan pemilihan duta baca. Kegiatan dimulai dengan diadakannya seminar nasional, launching perpustakaan digital, pemilihan duta baca, hingga pameran literasi yang terdiri dari seluruh karya peserta perlombaan. dimana dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi salah satu ajang promosi perpustakaan uinsu dan menjadi event tahunan milik perpustakaan. Library Festival diselenggarakan selama tiga hari dimana didalamnya mencakup kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan perpustakaan.

Dihari pertama kegiatan dimulai dari pukul 08.00 wib yang dimulai oleh pembuakaan MC yang merupakan personil dari kepanitiaan dilanjutkan dengan kegiatan seminar Nasional yang bertemakan “Revolusi Perpustakaan 4.O diera Disrupsi” dimana pada seminar ini diisi oleh pakar-pakar ahli dari bidang terkait Pepustakaan seperti bapak Dr.H.Muhammad Tawwaf, S.IP,. M.SI yang merupakan pustakawan berprdestasi I UIN SUSKA Riau dikolaborasikan dengan bapak Abdul Hariz Harahap, M.I.KOM serta bapak Irwan Putra, S.SOS, selanjutnya diisi dengan acara serimonial pembukaan oleh Bapak Safaruddin selaku Wakil Rektor 1 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara sekaligus peresmian launching Perpustakaan digital UINSU Medan. Kegiatan ini juga disemarakkan oleh kelompok seni tari Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial UINSU Medan dan LKSM sebagai pengisi acara.

 

 

Dihari ke dua Kegiatan ini dimeriahkan dengan pemilihan duta baca Perpustakaan UINSU Medan Priode 2018/2019. Peserta terpilih duta baca perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan terdiri dari 4 orang yakni berada diperingkat pertama  Agus yang berasal dari Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan bisnis Islam semester VII diperingkat kedua dipegang oleh Agus Gusli Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Sains dan Teknologi semester V, diperingkat ketiga Andini Aprilia berasal dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dan diperingkat keempat diduduki oleh Pebrina Lasambouw dari Jurusan Bimbingan Konseling Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Dari keempat peserta terpilih yang telah resmi menjadi Duta Baca Perpustakaan UINSU Medan Priode 2018/2019 diharapkan mampu mendorong perpustakaan lebih maju dan kreatif.

Dihari ke tiga Library Festival menghadirkan Kegiatan pemaparan atau persentasi hasil karya dari masing-masing peserta perlombaan karya ilmiah. Pada kegiatan tersebut juga diselingi dengan penampilan tarian-tarian daerah dari kelompok seni mahasiswi Jurusan Ilmu Perpustakaan. Dan di hari terakhir puncaknya merupakan pengumuman pemenang perlombaan serta pembagian hadiah bagi peserta terpilih yang menjadi juara. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi budaya perpustakaan UINSU Medan serta langkah awal dalam proses pengembangannya.