21 November 2018 17:18 wib

Dalam Rangka meningkatkan pengetahuan Mahasiswa dalam memahami konsep Perpustakaan Digital khususnya mengenai bagaimana membuat Pathfinder Online sebagai sumber informasi, maka mahasiswa Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara mengikuti kegiatan workshop Pathfinder pada kegiatan Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia XI yang diadakan di  Perpustakaan Universitas Sumatera Utara.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 6 November 2018 di Ruang Konferensi Perpustakaan Universitas Sumatera Utara dengan diikuti berbagai peserta dari setiap kalangan baik Mahasiswa, Pustakawan, Perwakilan-perwakilan Dinas terkait dan kalangan umum termasuk juga hadir perwakilan dari HMJ Prodi Ilmu Perpustakaan UINSU yang terdiri dari Suwandi dan Nanda. Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Sundari, S.Sos, dan Ray Ansari Margolang, S.T dari Universitas Sumatera Utara.  Adapun tema workshop tersebut “Membuat Pathfinder Online Sebagai-Sumber Informasi Rujukan Pada Perpustakaan Menggunakan Aplikasi Open Source Subject Plus".

Tujuan workshop tersebut adalah mendorong Mahasiswa Ilmu Perpustakaan agar mampu memanfaatkan dan menggunakan aplikasi subject plus untuk membuat pathfinder sebagai alat pencarian masa kini di perpustakaan dalam mengakses informasi, terutama informasi yang bersumber dari luar perpustakaan yang dapat ditelusur oleh pengguna perpustakaan.

Tentu saja kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan terutama Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UINSU dalam mengembangkan potensi yang ada pada diri setiap individu serta dapat diplementasikan dalam aktivitas perpustakaan.