14 November 2018 10:33 wib

Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Fakultas ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara yang terdiri dari Suwandi, Masitha dan Anggie Astria Wanda Saragih menjadi juara 1 lomba karya tulis ilmiah dalam kegiatan Forum Ilmiah Ilmu Perpustakaan (RUMILUS) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Sastra Universitas Negeri Malang dengan mengangkat tema "Peran Ilmu Perpustakaan dan Sains Informasi di Era Disrupsi".

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 24-25 September 2018 dengan diikuti 10 peserta yang telah lolos tahap pengiriman dan penyeleksian karya tulis, yaitu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro,  Universitas Islam Negeri Tulung Agung,  Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Negeri Malang.

Adapun judul yang diangkat dan dipresentasikan oleh para Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan UINSU adalah Inovasi Perpustakaan Padepokan Iqro Dalam Mewujudkan Perpustakaan Desa Kolam Sebagai Desa Digital. Tema ini diambil karena mengingat teori yang dikemukakan oleh Ranganathan bahwasanya Library is Growing Organism dan juga UU No.43 Tahun 2007 Bab VI Pasal 19 Ayat 1-3. Untuk itu perpustakaan desa harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, sehingga mengupayakan masyarakat desa agar mampu mencari, menemukan dan mengakses informasi yang telah disediakan baik secara manual (datang langsung ke perpustakaan) maupun bantuan alat teknologi via smartphone.

Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan Ibu Dra. Retno Sayekti, MLIS yang didampingi sekretaris prodi Bapak Abdul Karim Batubara, MA dalam sambutannya ketika menerima team mahasiswa tersebut  mengatakan  rasa syukur kepada Allah atas keberhasilan yang dicapai, dan keberhasilan mahasiswa ilmu perpustakaan mendapat predikat juara I adalah prestasi yang luar biasa diman kegiatan ini baru pertama kali dikuti oleh mahasiswa prodi ilmu perpustakaan FIS UINSU mengingat usia prodi perpustakaan yang masih baru berdiri. Tentu saja prestasi ini memberikan dampak positif dan memberikan motivasi kepada mahasiswa yang lain untuk dapat meningkatan aktivitas  menulis, melakukan riset mini, dan mengikuti lomba penulisan karya ilmiah yang diadakan oleh prodi-prodi ilmu perpustakaan yang lain.