14 Mei 2018 12:37 wib

MEDAN, 09 MEI 2018 Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan (HMJ IP) Fakultas Ilmu Sosial UIN SU menyelenggarakan acara Festival Gema Literasi JIP UINSU 2018 di pelataran FIS.

Terdapat beberapa kegiatan yang di laksanakan dalam festival ini yaitu Talkshow yang bertemakan “Literasiku, Literasimu, Literasi Indonesia”, donasi buku, perlombaan, bazar, dan beberapa hiburan seperti mendongeng dan craf yang dibawakan oleh Bunda Indri, stand up comedy, dan penampilan sanggar seni (SANI) JIP.

Kegiatan ini di buka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial Bapak Prof.Dr. Ahmad Qorib, MA. Dan dihadiri oleh seluruh wakil dekan FIS, Kabag TU, Kepala Laboratorium FIS, sekjur ilmu perpustakaan, sekjur sejarah peradaban islam, sekjur ilmu komunikasi, Prof. Dr. Sri Minda Murni (Forum Masyarakat Literasi Sumatera Utara), Dian Sutiara (ketua kampenye PEMA IMMEDIA), Bunda Indri (ketua kampung dongeng kota medan), mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Sari Mutiara Indonesia, anak-anak dari RPAS, dan mahasiswa JIP UINSU.

Prof. Dr. Sri Minda narasumber dalam kegiatan Talkshow ini mengatakan bahwa tema Literasiku, Literasimu, Literasi Indonesia ini sangat bagus dibahas, karena pada dasarnya literasi itu bukan masalah individual saja melainkan komunikal. Literasi ini berhadapan dengan 4 kemampuan yaitu literasi berhadapan dengan teks, maka kewajiban untuk membaca itu mutlak. Kemudian literasi merupakan empat keterampilan berbahasa, literasi berkaitan dengan high older thingking yang mana media sosial seperti whatsapp, line dsb hanyalah budaya ngobrol yang di pindahkan kepada alat berbasis teks, dan harus dapat dapat berperan sebagai problem solving. Hanya saja tantangan terbesar bagi literasi adalah budaya ngobrol masyarakat indonesia, ujarnya.

 

Kak dian yang juga merupakan narasumber dalam kegiatan ini mengatakan mahasiswa harus menjadi garda terdepan untuk menjadikan literasi sebagai suatu budaya di masyarakat dan harus terus belajar untuk memiliki kemampuan dalam menelaah informasi.

 

                

        pemberian piagam penghargaan oleh pihak prodi ilmu       pemberian hadiah pemenang lombaan Photo Cast   

        perpustakaan kepada bunda Indri kampung dongeng

 

             

        pemberian hadiah pemenang lombaTheme Song                                    perlombaan doodle   

 

              

     penampilan siswi Rumah Pintar Anak  Sholeh (RPAS)               Library Music Corner (SANI JIP)     

 

                                     

          tarian Si Gale-Gale SANI JIP                                                            Craf kampung dongeng                                               

 

           

   Stand Up Comedy oleh komika Dais (mahasiswa JIP)                   pertanyaan mahasiswa