11 April 2018 14:47 wib

Dalam rangka pemanfaatan perpustakaan dan media sosial sebagai gerbang informasi yang sehat, Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan (HMJ IP) Uin Sumatera Utara menyelenggarakan kegiatan Talkshow Bersama dengan tema “Pemanfaatan Perpustakaan dan Media Sosial sebagai Gerbang Informasi Sehat” di Aula SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.). Senin 09 April 2018. Kegiatan ini diikuti oleh Pustakawan sekolah, guru-guru dan siswa siswi SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 50 orang.

Ketua panitia dalam kegiatan ini, Mursyiddin Nawawi mengatakan bahwa kegiatan ini cukup penting yaitu untuk memotivasi siswa dalam rangka pemanfaatan perpustakaan dalam proses belajar mengajar, serta memberikan literasi informasi di media sosial.

Bapak Sukirman selaku Waka Kesiswaan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang dalam sambutannya mengatakan “orgensi perpustakaan sebagai wadah pembelajaran bagi siswa siswi di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Harapan beliau semoga dengan di laksanakan kegiatan ini dapat menambah minat siswa untuk rajin berkunjung di perpustakaan serta beliau mengharapkan siswa-siswi cermat dan bijak dalam pemanfaatan media sosial.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Bapak Abdi Mubarrak Syam, M.Hum dan Ibu Franindya Purwaningtyas, MA yang merupakan Dosen Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara yang juga merupakan pemateri dalam acara Talkshow Bersama. Ibu Franindya Purwaningtyas, MA, dalam materi nya beliau mengatakan bahwa siswa dapat menggunakan literatur bahan pustaka dalam 3 aspek yaitu primer, skunder dan tersier. Yang mana informasi primer merupakan hasil karya tulis ilmiah yang langsung di tulis oleh penulis contohnya skripsi, informasi skunder contohnya buku, sedangkan informasi tersier contohnya surat kabar dan majalah ilmiah.

Narasumber kedua dalam acara ini Bapak Abdi Mubarrak Syam, M.Hum menekankan pentingnya pemahaman literasi informasi dalam penggunaan media sosial agar siswa tidak terjebak dalam informasi yang bersifat hoax, hate speach yang tidak dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya.