22 Maret 2018 15:15 wib

Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN-SU Medan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat (KPM) di Kabupaten Aceh Tamiang.

KPM ini bertemakan “Pembinaan perpustakaan sekolah dan minat baca siswa tingkat SD dan SMP di Kabupaten Aceh Tamiang”. Dilaksanakan selama satu minggu, dimulai dari 26 Februari sampai dengan 3 Maret 2018, pihak Prodi Ilmu Perpustakaan UINSU Medan mengirimkan 5 mahasiswa dan 2 dosen pembimbing untuk bekerjasama dengan APISI (Asosiasi Pekerja Informasi Sekolah) Kab. Aceh Tamiang sebagai pihak yang memprakarsai kegiatan ini.

Bentuk kegiatan KPM yang dilakukan antara lain :

·       Melakukan pendampingan para pustakawan sekolah di kab. Aceh Tamiang dalam mengelola perpustakaan sekolah antara lain pembenahan administrasi inventarisasi, klasifikasi dan data statistik sirkulasi peminjaman dan kunjungan perpustakaan.

·       pengembangan minat baca siswa SD dan SMP untuk menanamkan budaya literasi melalui kegiatan drama musikal dan education games berupa puzzle matematika dan bahasa inggris.

kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada 3 perpustakaan Sekolah Dasar, 6 Sekolah Menengah Pertama, ditambah 3 Perpustakaan desa yang juga sempat dikunjungi yaitu perpustakaan desa Paya Meta, Rantau Paluh dan Menanggini.

Ketua umum APISI kab. Aceh Tamiang Fenny Syahfitri mengakui bahwa Kabupaten Aceh Tamiang sangat membutuhkan kegiatan-kegiatan penyuluhan literasi siswa dan pembinaan teknis bagi pustakwan sekolah. “sebagai Kabupaten yang tingkat prestasi pendidikannya cukup tinggi di provinsi Nangroe Aceh Darussalam,  keadaan perpustakaan dan geliat kegiatan literasi selama ini tidaklah berjalan dengan baik, kebutuhan akan keberadaan perpustakaan sekolah yang baik mendorong keinginan yang tinggi bagi pegiat pendidikan maupun guru sekolah yang merangkap sebagai pustakawan untuk meningkatkan kapasitas dalam pengelolaan perpustakaan sekolah. Maka dari itu APISI sebagai asosiasi resmi dibidang informasi sekolah mengambil langkah konkrit dengan melakukan kerjasama dengan APISI pusat dan prodi Ilmu Perpustakaan UINSU Medan untuk melakukan kegiatan ini”.

Dilain pihak, ketua Majelis Pendidikan Daerah Kab. Aceh Tamiang Mukhlis Nurdin Thayib M.M menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini. dan besar harapannya agar kegiatan pengabdian masyarakat Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan UINSU ini dapat berlanjut kedepannya. “Kehadiran Adik-adik mahasiswa sangat membantu bagi kami, khususnya untuk meningkatkan kualitas perpustakaan sekolah yang ada disini, harapan saya kegiatan ini dapat terus berlanjut terlebih pihak Fakultas Ilmu Sosial UINSU Medan telah melakukan konsolidasi dengan pihak MPD Tamiang pada 1 Maret Lalu”.