01 Desember 2017 19:59 wib

Dalam rangka mengembangkan jaringan kerjasama dan memberikan pengalaman bagi mahasiswa Ilmu Perpustakaan, pada tanggal 13 - 14 Nopember 2017, 31 mahasiswa dan dosen program studi Ilmu Perpustakaan mengadakan kunjungan dan studi komparatif ke program studi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan atas kedatangan mereka di program studi Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara Medan beberapa waktu yang lalu.

Mahasiswa dan dosen  Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara saat tiba di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry langsung disambut Dekan FAH, Syarifuddin, MA. PhD, para wakil dekan serta seluruh civitas akademika Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry. Selanjutnya rombongan disambut hangat  dengan tarian adat Ranup Lampuan.

Prodi ilmu perpustakaan fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara melakukan penandatangan naskah kerjasama dalam hal  Tri Darma perguruan tinggi menyangkut bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan prodi D3 dan S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. Senin (13/11/2017) di Aula  Fakultas Adab dan Humaniora.

Penandatangan naskah kerjasama ditanda tangani oleh Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan FIS UIN Sumatera Utara, yang diwakili oleh Bapak Abdul Karim Batubara, MA. bersama ketua prodi S1 Ilmu Perpustakaan, Zubaidah, M.Ed dan ketua prodi D3 Ilmu Perpustakaan, Ruslan, M.Si., MLIS. fakultas Adab dan Humaniora (UIN) Ar-Raniry.

Selain itu diadakan juga kegiatan Temu ramah antara jurusan ilmu perpustakaan fakultas Ilmu Sosial UINSU dengan D3 Dan S1 jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora (UIN) Ar-Raniry.

Dalam kesempatan ini ada tiga kegiatan penting yang dilakukan di UIN Ar Raniry, yaitu: 1) Melaksanakan Focused Group Discussion, 2) Studi banding tentang tata kelola program studi Ilmu Perpustakaan, dan 3) kunjungan ke perpustakaan UIN Ar Raniry.

Kegiatan library  tour juga dilakukan oleh mahasiswa prodi ilmu perpustakaan fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara dengan prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Hal ini dilakukan untuk menambah dan memperluas wawasan mahasiswa prodi ilmu perpustakaan.

Kunjungan ke Perpustakaan Universitas Syiah Kuala

Pada kesmepatan itu, Mahasiswa UINSU jurusan ilmu perpustakaan fakultas Ilmu Sosial sekaligus juga melakukan kunjungan ke perpustakaan Unversitas Syiah Kuala Banda Aceh. Senin (13/11/2017)

Kedatangan mahasiswa jurusan ilmu perpusakaan UINSU di sambut hangat oleh Duta Baca dan pustakawan di perpustakaan Universitas Syiah Kuala.

Kegiatan ini diawali dengan kata sambutan kepala perpustakaan Unsyiah yang diwakili oleh ibu Nurlida dan juga kata sambutan dari ketua jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara Dra. Retno Sayekti, MLIS. Dalam kegiatan ini duta baca juga memaparkan sekilas mengenai profile perpustakaan Unsyiah yang mempunyai visi “Terkemuka dan berdaya saing di Asia Tenggara” setelah itu mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan UINSU di arahkan oleh Duta baca untuk melakukan library tour untuk melihat dan mengamati kegiatan dan program-program pengembangan serta tata kelola perpustakaan Unsyiah.