10 November 2017 09:46 wib
  • akademik

Perpustakaan merupakan salah satu pusat sumber belajar bagi lembaga pendidikan. Sebagai salah satu unit yang memiliki tugas pokok dan fungsi mengumpulkan, mengelola dan menyajikan sumber informasi pembelajaran, perpustakaan memainkan peran yang sangat penting dalam mendukung terlaksananya proses belajar dan mengajar di sekolah. Proses pembelajaran yang berkualitas didukung oleh sumber bahan ajar yang relevan dan terpilih sesuai dengan kurikulum pembelajaran yang digunakan oleh sekolah. Akan tetapi, peningkatan pengetahuan dan keterampilan anak didik bukan hanya semata-mata mengandalkan sumber ajar berbasis kurikulum saja, melainkan perlu pengayaan bahan ajar dalam topik-topik lain yang relevan yang memuat pesan moral dan nilai-nilai luhur. Hal ini karena proses pembelajaran bukan hanya terfokus pada peningkatan kemampuan kognitif semata, melainkan juga meliputi pembentukan sikap dan pembangunan keterampilan anak didik. Lebih dari itu, kebutuhan akan sumber informasi juga harus memenuhi aspek spiritual berupa bahan-bahan bacaan yang menyenangkan dan refreshing.  Perpustakaan harus memainkan peran pentingnya sebagai lembaga pendidikan, penelitian dan hiburan. Olehkarena itu, perpustakaan perlu dikelola berdasarkan system manajemen perpustakaan yang baku.

Undang-Undang Perpustakaan nomor 43 tahun 2007 pasal 23 memuat landasan umum dalam pengelolaan perpustakaan sekolah yang diantaranya mengatur tentang sumber daya manusia pengelola perpustakaan sekolah dan tata kelola perpustakaan berbasis system teknologi informasi. Sementara itu didalam Standar Nasional Perpustakaan Sekolah/Madrasah SNP nomor 007 tahun 2011 juga telah mengatur pengelolaan perpustakaan sekolah.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan perpustakaan sekolah dan madrasah di kota Medan, program studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara melaksanakan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dan Madrasah di Kota Medan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Grand Sakura pada tanggal 7 Nopember 2017.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan perpustakaan sekolah dan madrasah di kota Medan dan untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.