19 Juli 2017 12:00 wib

Medan, 19 Juli 2017

Istilah Information Literacy atau Literasi Informasi bukanlah istilah baru.. Namun demikian, tidak semua orang  memiliki keterampilan dalam mencari, menemukan dan memanfaatkan informasi. Masih banyak orang, bahkan yang berkecimpung dalam bidang akademik, yang belum menguasai keterampilan literasi informasi ini.

Dalam bidang ilmu perpustakaan, pengetahuan dan keterampilan literasi informasi ini merupakan salah satu bahan kajian dan skill yang perlu dikembangkan dan dimiliki oleh para calon pustakawan yang pada saatnya kelak akan memberikan layanan informasi kepada pengguna. 

Dalam rangka meningkatkan keterampilan literasi informasi bagi mahasiswa inilah, program studi Ilmu Perpustakaan menyelanggarakan workshop dengan mengundang dua orang narasumber dari Universitas Sumatera Utara, yaitu Ishak, SS.., M.Hum. dan AbdulHafiz, S.Sos., M.I.Kom.

Ishak SS., M.Hum. selaku dosen sekaligus Ketua Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Sumatera Utara menyampaikan The Big6 Skills sebagai Lembar Kerja bagi mahasiswa untuk berlatih menentukan, mencari  dan menemukan informasi atau topik masing-masing. The Big6 Skills yang meliputi keterampilan dalam mendefinisikan tugas, strategi penelusuran informasi, mencari dan mengakses informasi, menggunakan informasi, men-sintesa, dan mengevaluasi informasi, merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang, terutama mereka yang berkecimpung dalam dunia akademik dan/atau melakukan riset. 

 

Workshop ini diikuti oleh mahasiswa Ilmu Perpustakaan Semester IV dan II sebanyak 40 orang mahasiswa dan bebrapa orang dosen. Dalam kegiatan ini para peserta berlatih menelusur satu topik dibantu dengan menggunakan lembar kerja The Big6 yang disajikan oleh narasumber. 

Pada sesi ke dua, Abdul Hafiz, mendampingi dan membimbing para peserta