05 April 2017 21:06 wib

Pada hari Rabu tanggal 5 April 2017, program studi Ilmu perpustakaan menerima kunjungan dari lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang berkantor pusat di Jakarta. Adapun para personil yang hadir dari ANRI tersebut adalah: Dra. Ika Chandrayanti, M.Si. (Kepala Bidang Sistem Kearsipan Dinamis), Fauzan Anyasfika,S.IP. (Peneliti Pertama), Perdhani Yunia Putri, S.IP (Analis Kearsipan). 

Tujuan kunjungan tersebut pada hakekatnya adalah untuk melakukan studi banding jurnal Kearsipan kepada JIPI: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi yang dikelola oleh prodi Ilmu perpustakaan. Namun pada kesempatan tersebut Kepala Bidang Sistem Kearsipan Dinamis, Dra. Ika Chandrayanti, M.Si. juga memberikan pemaparan tentang peran, tugas pokok dan fungsi lembaga arsip nasional didepan mahasiswa Ilmu Perpustakaan. 

Dalam paparannya Ika menjelaskan tentang amanat UU nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan yang menjadi landasan utama bidang kerja lembaga kearsipan.   

Menjawab pertanyaan peserta mengenai eksistensi profesi Arsiparis di Indonesia, Ika mengatakan bahwa saat ini dibutuhkan tenaga fungsional Arsiparis sebanyak 150,000 orang seluruh Indonesia. Hal ini berarti bahwa prospek profesi Arsiparis ini sangat berkembang dengan baik.  Kebutuhan akan arsiparis tersebut akan didistribusi ke berbagai daerah dan lembaga atau organisasi. 

Acara tersebut dihadiri oleh 40 orang mahasiswa Ilmu perpustakaan baik dari semester IV maupun semester II. Dalam kegiatan tersebut mahasiswa sangat antusias mengikuti peparan yang disampaikan oleh Kabid Arsip Dinamis tersebut.

Sesi presentasi tentang lembaga arsip nasional ini diakhiri dengan sesi poto bersama, baik bersama dnegan para pimpinan Fakultas Ilmu Sosial maupun mahasiswa Ilmu Perpustakaan.

 

Setelah sesi poto bersama tersebut, pertemuan dilanjutkan di ruang kantor program studi Ilmu perpustakaan untuk meninjau secara langsung kantor pengelolaan jurnal elektronik program studi Ilmu perpustakaan dan bertemu secara langsung dnegan para pengelola jurnal. Pada kesempatan itu, program studi Ilmu perpustakaan menyerahkan jurnal JIPI versi cetak volume 1 nomor 1 dan 2.