16 Maret 2017 09:06 wib

Medan, Rabu 15 Maret 2017. Dalam rangka pengembangan kerjasama ke lembaga dan instansi terkait, Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara mengadakan kunjungan ke Dina Perpustakaan dan Arsip Sumatera Utara. Ikut serta dalam kunjungan tersebut Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara, Dr. Mustafa Kamal Rokan, M.Hum., Kabag AUAK FIS, Lies Utami Efni Safitri, MM., Ketua Program Studi Ilmu Peprustakaan, Dra. Retno sayekti, MLIS., Sekretaris Prodi, Abdul Karim Batubara, MA., dan para dosen, Abdi Mubarak Syam, M.Hum., dan Suryo Adi Safutra, M.Hum. Rombongan dari UIN Sumatera utara disambut oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan, Jojor Sitorus Pane, M.Si., Kepala Bidang Pengolahan, Wardijah, M.Si., dan Kepala Bidang Pengembangan SDM, Suryadi, M.Si.,

Dalam pertemuan tersebut, tim dari Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara menyerahkan draft kerjasama kepada Sekretaris Dinas Perpustakaan untuk mendapatkan masukan-masukan yang mungkin direalisasikan dalam bentuk kegiatan nyata yang menguntungkan kedua belah pihak sehingga dokumen MOU yang akan disusun nantinya tidak hanya berupa dokumen semata.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Perpustakaan menyampaikan bahwa tugas utama dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Sumatera Utara adalah membina semua perpustakaan yang ada di wilayah Sumatera utara. Ia juga menyampaikan bahwa beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta juga telah menjalin kerjasama dengan Dinas Perpustakaan, diantaranya: Methodis, UNIKA, LPP, Akademi Kebidanan, Fisioterapi, Universitas Sari Mutiara, danlain-lain.  Oleh karena itu ia berharap bahwa MOU yang akan dibangun seyogyanya tidak hanya sebuah bentuk seremonial semata, tetapi perlu ditindaklanjuti dalam kegiatan nyata.

Ia menambahkan bahwa Dinas Perpustakaan mempunyai program besar yang telah lama direncanakan sejak tahun 2016 berupa Gerakan Literacy Sumut. Inisiatif tersebut juga telah disampaikan kepada perwakilan USAID, namun sejauh ini belum dapat direalisasikan. Rencana tersebut sudah diawali dengan melakukan studi banding ke Surabaya yang telah lebih dahulu berhasil dalam kegiatan  tersebut. Oleh karena itu ia berharap bahwa UIN Sumatera Utara, khususnya program studi Ilmu Perpustakaan, dapat mengambil partisipasi aktif dalam gerakan tersebut.

Pada akhir sambutannya, beliau menyampaikan opsi event yang bisa dimanfaatkan oleh UINSU untuk secara resmi penandatanganan MOU antara kedua belah pihak, Kepala Dinas Peprustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Sumatera Utara dan Rektor UIN Sumatera Utara, yaitu pada Rapat Dinas Kotamadya Medan atau momen lainnya di Kampus UIN Sumatera Utara. Untuk itu, komunikasi lebih lanjut akan ditindaklanjuti oleh Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, bapak Suryadi.