18 November 2016 06:05 wib

Simalungun, (              )

Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU), menyumbang 200-an eksemplar buku kepada Rumah Singgah Perpustakaan, Perdagangan, Kabupaten Simalungun, Sabtu (12/11).

 

Hadir dalam penyerahan buku tersebut, Dekan FIS UIN-SU Dr Pihil Zainul Fuad diwakili Ketua Program Ilmu Perpustakaan Dra Retmo Sayekti MLIS, Sekretaris Program Studi Ilmu Perpustakaan Abdul Karim Batubara MA, para dosen di antaranya Drs Kasron Nasution M.Ag, Dr Anang Anas Azhar MA, Ketua Rumah Singgah Perpustakaan Perdagangan Suhardiman S.Sos.I, dan puluhan remaja yang tinggal di Kota Perdagangan.

 

Sekretaris Program Studi Ilmu Perpustakaan Abdul Karim Batubara dalam sambutannya mengatakan, munculnya perpustakaan di daerah setidaknya memberi motivasi yang kuat terhadap anak-anak agar mau membaca dan menulis, khususnya anak-anak yang ada di Perdagangan.

 

"Melalui perpustakaan ini, saya berharap akan menciptakan anak-anak yang cerdas dan mau belajar untuk masa depannya. Kita juga berharap perpustakaan ini setidaknya membimbing gerenasi kita ke arah yang lebih baik, terutama menuju masa depan mereka dalam menuntut ilmu," kata Abdul Karim Batubara.

 

Abdul Karim menyebutkan, bantuan buku yang diberikan kepada Rumah Singgah Perpustakaan ini merupakan kepedulian FIS UIN-SU terhadap generasi di daerah ini. Pihaknya berharap, buku yang diberikan ini bermanfaat untuk menjadi taman bacaan anak-anak.

 

"Jangan dilihat dari jumlahnya, tetapi lihatlah dari segi pemanfaatan. Jika buku ini dibaca, kemudian sampaikanlah kepada adik-adik kita. Dari sinilah terjadi pengembangan ilmu dari bahan bacaan yang adik-adik baca," kata Karim Batubara.

 

Ketua Rumah Singgah Perpustakaan Perdagangan Suhardiman S.Sos.I, mengucapkan terimakasih atas kepedulian Program Studi Ilmu Perpustakaan FIS UIN-SU. "Kamu berharap, buku yang diberikan FIS UIN-SU ini bermanfaat bagi kami. Dan kami juga berharap, pemberikan buku ini bukan yang pertama kali dan terakhir kali. Tetapi, akan ada lagi pada masa-masa mendatang," ujar Suhardiman.

 

Usai pembukaan, Ketua dan Sekretaris Program Studi Ilmu Perpustakaan Dra Retno Sayekti MLIS, Abdul Karim Batubara MA, memberikan pelatihan kepada anak-anak Rumah Singgah Perpustakaan Perdagangan. Pelatihan tersebut bertujuan memberikan gambaran yang utuh terhadap pengelolaan manajemen perpustakaan. "Pelatihan ini akan mempermudah bagi pengelola perpustakaan dalam menata buku-buku, khususnya buku yang dipinjam peserta," kata Retno Sayekti.

 

Dalam kesempatan tersebut juga, dilakukan perjanjian kerjasama Memorandum of Understanding (MoU) antara Program Ilmu Perpustakaan FIS UIN-SU dengan Rumah Singgah Perpustakaan Perdagangan. Dalam nota kesepahaman itu, pihaknya pertama bertindak sebagai konsultan dan Rumah Singgah Perpustakaan akan dijadikan FIS UIN-SU sebagai laboratorium pengembangan perpustakaan di Perdagangan. **

 

 

FOTO BERSAMA : Usai menyerahkan 200-an buku dari FIS UIN-SU kepada pengurus Rumah Singgah Perpustakaan Perdagangan, Simalungun, para dosen dan pengurus Rumah Singgah berfoto bersama di kantor Rumah Singgah Perpustakaan, Sabtu (12/11).